Nama Kelompok 2 :

Anggota :
  1. Debrina Maharani (30108570)
  2. Erna Konsul BR P (30108301)
  3. Hersen Dolok Saribu (30108491)
  4. Isnani Nur Fitriani (30108347)
  5. Tika Yuniawati (30108470)
Mata Kuliah IS 232 Aplikasi E-commerce

POLITEKNIK TELKOM



POSTING ke 2

E-commerce merupakan termasuk salah satu istilah pada “ perdagangan elektronik” yang berubah sejalam dengan waktu . awalnya , perdagangan elektronik merupakan aktivitas yang memanfaatkan transaksi komersial , misalnya mengirim dokumen komersil seperti pesanan pembeliaan secara elektronik. Kemudiaan berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunyai istilah lebih tepat yaitu “perdagangan web” (pembeliaan barang dan jasa melalui world wide web).

Pada awalnya ketika web mulai terkenal masyarakat pada 1994 , banyak jurnalis memperkirakan bahawa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru . sehingga antara pada era 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini. (

Electronic commerce merupakan konsep dari pemasaran global yang di gambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada dunia onlime atau pertukaran informasi melalui jaringan informasi internet ( Turban ,Lee,king,chung,2000). Bila sebagiaan orang mengartikan istilah ecommerce sebagai transaksi yang dilakukan antar perusahaaan yang berekanan/berpatner. Sebab inilah yang membuat istilah ecommerce menjadi terkesan sempit dari sebagiaan orang tertentu . kemudiaan muncullanh istilah e-bussiness , yang di definisikan mengacu pada ecommerce yang lebih luas , yang tidak hanya sekedar proses menjual dan membeli tapi juga berarti melayani pelanggan , berkolaborasi dengan partner bisnis dan dalam lingkungan suatu organisasi. Sebagai contoh , pada proses membeli buku di amazon.com , bukannlah murni e-commerce , sebab saat pesanan ini dilakukan via online , buku tersebut dikirim pada pemesan dengan melalui perusahaan pengiriman barang seperti fedex, akan tetapi membeli software di Grisoft merupakan ecommerce murni karena pengiriman , pembayaran dan perantara perdagangan semuanya dilakukan dalam sistem digital. Memang aktivitas bisnis selalu membutuhkan tempat , maka aplikasi e-commerce di bangun dengan infrastruktur teknologi yang ada seperti web server hosting , domain name ,koneksi internet,web programming , database mysql , dll. ( javanesia.multiply.com/journal/item/7 )

Model e-commerce

Ada 4 model pokok yang berkembang dalam revolusi internet ini yang juga dinamakan the new economy yaitu :

1. Bussiness to bussiness (B2B)

· Adalah model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada perusahaan lain

· Ini di perkirakan sedang berkembang dengan cepat dari segi volume dan nilai perdagangan , jauh melebihi model-model yang lain .

2. Bussiness to consummer (B2C)

· Ini adalah model perusahaan yang menjual barnag atau jasa pada pasar atau public

· misalnya : amazon.com Inc.(www.amazon.com) yang menjual buku yang mempunyai koleksi tidak kurang dari 4,5 juta judul buku

  1. Concumer to consumer (C2C)

· Ini adalah model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perorangan juga

· Contonya adalah ebay inc (www.ebay.com) ,suatu perusahaaan yang meyelenggarakan lelang melalui internet . melalui perusahaan ini , perorangan dapat menjual atau membeli dari perorangan lain melalui internet

  1. Consumer to bussiness (C2B)

· Ini adalah model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perusahaan

· contoh : priceline (www.priciline.com) , dimana konsumen menawarkan harga tertentu dimana ia menginginkan membeli barang dan jasa termasuk tiket pesawat terbang dan hotel .

Dalam perkembangannya perlu di bedakan antara B2B Ecommerce dan B2B Exchange . keduanya memang menggunakan teknologi internet namun mempunyai cara dan pasar yang berbeda , seperti di jelaskan di bawah ini :

1. B2B Ecommerce

-bentuk ini menawarkan penjualan atau pembeliaan dalam bentuk maya tetapi oelh satu perusahaan pada perusahaan lain saja.

-jadi tidak terbuka untuk banyak perusahaan agar dapat ikut

2. B2B Exchange

-sedangkan bentuk ini adalah padanan dari stock exchange misalnya , dimana transaksi terbuka untuk semua perusahaan yang mau melakukannya .

-jadi B2B Exchange adalah suatu jaringan yang dimana banyak pembeli dan penjual dapat bertemu di runag perdagangan maya .

(reagansatyawira.blogspot.com)

0 komentar:

Posting Komentar